Sabtu, 25 Juni 2016

Danau Terbesar Di Indonesia

Apakah Anda tahu berapa banyak danau di Indonesia? Berdasarkan situs yang tahu tentang segala sesuatu, wikipedia, negara ini memiliki setidaknya 521 danau alami. Ini tidak termasuk danau buatan manusia.

Secara total, semua danau di Indonesia mencakup luas lebih dari 21.000 kilometer persegi dan menampung lebih dari 500 meter kubik. Sangat besar.

Danau-danau ini telah menyediakan sumber kehidupan yang tak terbatas untuk orang-orang yang tinggal di daerah sekitarnya di mana danau mencari. Mereka memberikan banyak manfaat sebagai sumber pasokan air, irigasi, atraksi, dan banyak lainnya.

Di beberapa daerah dan provinsi, di mana jalan aspal belum tersedia, danau memainkan peran penting dan kritis sebagai "akses utama" dari satu tempat ke tempat lain. Peran yang masih dilakukan oleh banyak danau sampai sekarang. Danau berfungsi juga sebagai objek wisata yang memberikan kesempatan kerja bagi ribu orang.

Diantara ke 521 danau itu terdapat beberapa danau yang sangat besar dan dalam. Banyak dari danau-danau itu memiliki kedalaman lebih dari 200 meter dan setidaknya tiga danau tercantum dalam 20 danau terdalam di dunia.

Jadi, artikel ini adalah untuk memberikan informasi tentang 10 danau terbesar di Indonesia.   

Berikut ini daftarnya.

10 Danau Terbesar Di Indonesia 

1) Danau Toba 

  

Danau Toba adalah yang paling terkenal dan terbesar di Indonesia. Danau ini terletak di Provinsi Sumatera Utara. Danau Ini memiliki ukuran 1.130 km2 dan erupakan danau vulkanik yang terbentuk oleh aktivitas gunung berapi.

Dalam hal kedalaman, danau ini memilik kedalaman 529 m, salah satu yang terdalam di Indonesia tapi tidak nomor # 1. Ini adalah danau terdalam ke-2 di Indonesia.

Danau ini memiliki sebuah pulau di tengah-tengah, Pulau Samosir.

Ada cerita rakyat, salah satu yang terkenal, tentang penciptaan danau yang telah beredar dari satu generasi ke generasi.

2) Danau Towuti



Danau Towuti berlokasi di Sulawesi Selatan, Luwu Timur, Kecamatan Towuti . namanya diambil dari nama daerah tempatnya berada.


Ukuran danau ini adalah 561,1 km2 dengan kedalaman 203 m. Danau ini merupakan danau tektonik yang dibentuk oleh penurunan muka bumi karena pergeseran / fraktur

Pengelolaan Danau Towuti berada di bawah Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Selatan, di bawah Departemen Kehutanan Republik Indonesia.

 

3) Danau Poso 


Peringkat ke-3 danau terbesar di Indonesia adalah Danau Poso yang ini terletak di provinsi Sulawesi Tengah.


Danau ini memiliki ukuran 323,2 km2 dan kedalaman 450 m. Danau ini adalah yang ketiga terdalam di bawah Danau Toba.

Danau Poso merupakan sebuah danau tektonik.

Tempat ini merupakan salah satu daerah wisata terkenal dan favorit di Sulawesi Tengah. Ada banyak pendirian mengelilingi danau dengan fokus untuk pariwisata.


4) Danau Sentarum



Danau Sentarum memiliki ukuran 275 km2. kedalamannya hanya sekitar 8 m , jauh lebih dangkal dari danau lainnya.


Danau ini terletak di Kalimantan Barat yang dimasukkan sebagai taman nasional sejak tahun 1999.


5) Matano Lake



Sebuah danau tektonik. Ukuran danau ini adalah 164,1 km² danau.


Danau Towuti bukanlah danau terbesar di Indonesia tetapi terdalam. Titik terdalam dari danau ini 590 m.

Danau ini merupakan salah satu tempat wisata alam favorit di Propinsi Sulawesi Selatan.

 

6) Danau Jempang

  

Danau Jempang terletak di provinsi Kalimantan Timur.

Salah satu danau terbesar di Indonesia, ini  memiliki area seluas 150 km². Tetapi, danau ini dangkal dengan kedalaman hanya 6 m lebih dangkal dari Danau Sentarum. Danau ini bukan jenis tektonik tapi danau dataran banjir mirip dengan Danau Sentarum.

7. Danau Paniai


Danau berikutnya adalah Danau Paniai yang terletak di provinsi Papua, tepatnya di Kabupaten Paniai. Ukuran luasnya 145 km². Ini adalah danau tektonik dengan kedalaman 50 m.



8) Rombebai Lake


Satu lagi masih di provinsi Papua, Danau Rombebai. Ini memiliki dengan luas 137,49 km2. Cukup berbeda dari Danau Paniai, danau ini terbentuk oleh sungai-sungai yang mengalir dan menutupi dataran, yang umumnya adalah lumpur dan pasir (dataran banjir).


 

9) Danau Tempe


Apakah Anda tahu makanan tradisional Tempe, Indonesia yang terbuat dari kacang kedelai? Danau berikutnya memiliki nama yang sama dengan nama makanan tersebut. Danau Tempe.


Danau Tempe merupakan danau tektonik di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan. Kedalamannya yang paling dangkal diantara danau lainnya yang disebutkan dalam daftar ini, dengan hanya 5m. Namun, danau ini cukup luas dengan 130 ukuran km2.

Danau ini juga memiliki penduduk yang tinggal di permukaan danau. Mereka tinggal di dalam rumah panggung.

 

10) Danau Semayang


Yang terakhir dalam daftar adalah Danau Semayang , Kalimantan Timur. Dengan ukuran 130 km2 danau peringkat adalah 10 di danau terbesar di Indonesia.


Danau ini adalah danau dataran banjir.

Apa yang unik di danau adalah desa terapung yang dibentuk oleh rumah panggung. Penduduk yang tinggal di rumah-rumah hari perjalanan dengan hari menggunakan kapal. Tidak ada yang memiliki mobil atau kendaraan roda dua.

Artikel Terkait