Rabu, 22 Juni 2016

Fakta Unik Tentang Pelukis Pablo Picasso

Pablo Picasso, pasti sudah kenal dong, atau setidaknya mendengr tentang nama salah sau pelukis tenar dunia ini.

Seniman unik kelahiran spanyol tahun 1881 ini merupakan dedengkot aliran kubisme ayng ditemukannya bersama dengan Georges Braque.

Ternyata ada beberapa fakta unik dalam kehidupan pelukis yang terkenal sebagai Don Juan ini. Fakta-fakta itu adalah

1. Nama Lengkapnya Cukup Panjang


Dua puluh tiga kata diperlukan untuk membuat nama lengkapnya Pablo Diego José Francisco de Paula Juan Nepomuceno María de los Remedios Cipriano de la Santísima Trinidad Martyr Patricio Clito Ruíz y Picasso

2. Disangka meninggal saat lahir


Proses kelahiran yang sulit dan lemahnya bayi Picasso membuat bidan yang membantu kelahirannya menyangka ia sudah meninggal saat dilahirkan. Sang bidan lebih memilih mengurus ibunya.

Hanya ketika pamannya, pengisap cerutu sambil memandang "jasad" si kecil Picasso kemudian menyemburkan asapnya ke muka sang bayi, maka terlihat sang bayi PIcasso bergerak-gerak. Tanda dirinya masih hidup.

3. Kata Pertamanya : Pensil


Mungkin karena bakat, kata pertama yang keluar dari mulut Picasso kecil adalah "Piz" yang merupakan kependekan dari Lapiz. Kata ini dalam bahasa Spanyol berarti pensil.


4. Lukisan Pertama ; le Picador


Lukisan pertamanya diselesaikan pada usia 9 tahun. Judulnya le Picador yang menggambarkan seorang berkuda sedang bertarung melawan banteng. Olahraga atau pertunjukkan yang dikenal sebagai Picador

5. Murid yang susah diatur


Picasso sangat pintar. Ia ditempatkan dalam kelas yang berisi anak-anak yang jauh lebih tua dibandingkan dirinya. Sayangnya, ia terkenal pembangkang dan tidak mau mematuhi perintah yang diberikan.

Untuk itu ia sering dimasukkn dalam kelas hukuman dimana waktunya dipergunakan olehnya untuk melukis. Picasso ternyata sangat menyukai berada dalam kelas hukuman karena bisa menggambar dnegan tenang.

6. Gaji pertamanya 


Gaji pertamanya adalah sebesar 150 francs yang didapatnya saat bekerja pada pedagang barang seni

7.  Pernah dicurigai mencuri lukisan Mona LIsa


Pada tahun 1911, Picasso pernah ditangkap dan ditahan polisi karena temannya, seorang penyair Guillaume Apollinaire, pernah menuduhnya mencuri lukisan Mona Lisa. Untuk itu ia sempat ditahan untuk dimintai keterangan walau kemudian dilepaskan.

8. Seorang Playboy


Dalam kehidupannya, Picasso paling tidak memiliki catatan berisikan lebih dari 9 istri dan pacar. Baik istri maupun pacarnya selalu berusia lebih muda dibandingkan dirinya. Yang paling jauh selisih umurnya adalah Jacqueline Roque.

Wanita ini kemudian menjadi istri kedua Picasso saat berusia 27 tahun. Saat itu usia sang pelukis 79 tahun.

Ternyata. Tapi mungkin karena itulah lukisan PIcasso banyak yang bertemakan wanita. Salah satu hasilnya Femme Assise Dans Un Fauteuil yang diinspirasi oleh kekasihnya saat itu Eva Gouel.

Berapa mahal karya Picasso?  Salah satu lukisannya La Reve terjual dengan harga US$ 48,402,500.

-------
Referensi
10 Fun Facts About Pablo Picasso
Pablo Picasso



Artikel Terkait