Sabtu, 25 Juni 2016

Mengapa Mengenal Bahan Pakaian Itu menguntungkan?

Tags

Mengenal Bahan Pakaian - Boleh saya tanya, baju yang Anda kenakan saat ini terbuat dari bahan apa?

Polyester? atau Katun? Motifnya apa? Printing, Yarn Dyed atau polos saja?

Tidak tahu? Wajar saja, karena jarang sekali yang mengetahui tentang bahan yang dipergunakan dalam sebuah baju atau pakaian. Yang penting pakaiannya enak dipakai, murah dan ikut tren, iya kan.

Tetapi sebenarnya, dengan memiliki sedikit pengetahuan tentang bahan pakaian, kita bisa menghindari terjebak membeli sesuatu dengan harga yang terlalu mahal. Juga, bisa membantu kita membuat baju kita menjadi lebih awet dengan pemeliharaan yang sesuai dengan karakter bahan yang dipergunakan.

Pengetahuan ini juga bisa membuat kita mengerti mengapa sebuah jenis bahan terlihat berkilau dan mengapa ada yang tidak. Kadang ada yang dicuci menjadi agak berbulu dan bisa juga kalau disetrika dengan suhu terlalu panas akan mengkerut. Masing-masing jenis kain sebenarnya memerlukan perlakuan yang berbeda. Tidak bisa disama-ratakan.


Nah, kira-kira apa keuntungan dengan mengenal bahan pakaian bagi kehidupan kita? Silakan lihat uraian singkat saja.

Beberapa keuntungan kalau mengenal bahan pakain

Harga :

Kain yang terbuat dari katun (atau cotton dalam bahasa Inggris), biasanya kalau design atau motifnya sama akan berharga lebih mahal daripada bahan yang terbuat dari polyester atau tetoron.

Jadi, dengan mengetahui perbedaan antara kedua bahan itu, kita tidak akan membayar lebih untuk barang yang sebenarnya lebih murah.

Perawatan :

Dalam segi perawatan, pakaian berbahan dasar katun bisa disetrika dengan suhu yang lebih tinggi dibandingkan polyester. Bahan yang terbuat dari polyester akan mengkerut kalau suhunya terlalu panas. Sementara pakaian berbahan katun seperti terlihat kusut kalau setrikanya kurang panas.

Hal ini bisa menghindari baju Anda tidak bisa lagi dipakai hanya karena salah mengatur suhu di setrikaan.

Kenyamanan :

Baju yang terbuat dari polyester akan terasa panas kalau dipakai. Apalagi di saat musim kemarau. Rasanya gerah.  Katun akan membuat pemakai merasa lebih adem.

Dengan mengetahui ini, kita tidak perlu saltum alias salah kostum , tidak perlu juga kegerahan hanya karena salah mengambil pakaian berbahan polyester di cuaca yang panas.

Dan masih banyak lagi hal yang hingga kini masih banyak orang kurang mengerti. Seringkali juga enimbulkan prasangka bahwa penjualnya berbuat curang dan kesalahpahaman yang lain.

Mungkin secara garis besar dan karena kebiasaan, ibu-ibu mungkin sudah paham, tetapi tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih jauh sedikit tentang bahan pakaian. Apalagi, baju dan pakaian adalah sesuatu yang akan terus kita butuhkan. Jadi siapa tahu, informasi tentang "Tekstil" ini bisa dimanfaatkan dalam kehidupan.

Terutama, sayang sekali pengetahuan yang saya dapat dari bekerja dalam industri tekstil selama 20 tahun lebih tidak bisa dipergunakan oleh orang lain. Siapa tahu di tangan Anda bisa berguna?

Ini pembuka dari kategori Tekstil di Umum Sekali. Tulisan yang lain akan disusulkan. Kalau Anda membutuhkan informasi terkait dunia pertekstilan silakan cari label Tekstil di blog ini.

Artikel Terkait